( HUKUM TAJWID)
I. PENGERTIAN
1. Ilmu Tajwid
Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
2. Tajwid
Tajwid adalah tata cara (pengaturan) membaca Al-Qur’an beserta hukum-hukumnya dengan menggunakan 26 huruf hijaiyyah.
II. MACAM-MACAM HUKUM TAJWID
a. Hukum Nun Mati (نْ ) atau Tanwin ( ٌ ٍ ً )
Idzhar ( إ ذﻫا ٌر )
Idzhar artinya jelas.
Hurufnya ada 6, yaitu : غ خ ح ع ﻫ أ
Idzhar adalah apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu hurufnya, maka dibacanya harus jelan nunnya.
Contohnya :
منْ أمن , خيرٌ حسنا , منْ خلق
Idgham ( إ دغام )
Idgham artinya memasukkan (huruf yang depan kepada huruf yang belakang).
Hurufnya ada 6, yaitu :يرملون (ي رم ل و ن)
Idgham terbagi menjadi 2, yaitu :
– Idgham Bigunnah ((إ دغام بغنّة
Artinya : dengan dengung (menahan huruf yang masuk sebanyak 2 harkat)
Hurufnya ada 4, yaitu :(يمنو) ي م ن و
Idgham bigunnah adalah apabila ada huruf nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu hurufnya, maka dibacanya harus berdengung.
Contohnya :
من يعمل , من نبيّن , خيرٌمن
– Idgham Bilagunnah (( دغام ﺑﻼغنّة
Artinya : tidak dengan dengung.
Hurufnya ada 2, yaitu : ر ل
Idgham bilagunnah adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu hurufnya, maka dibacanya tidak berdengung.
Contohnya :
غفورٌرحيم , خيرٌ ﻟﻪ , من رﺒﻬﻢ
Di dalam Al-Qur’an ada beberapa kata yang tidak dibaca idgham, tetapi dibaca idzhar, seperti :
ﺻﻨﻮﺍن , ﺒﻨﻴﺎﻦ , ﺍﻠدﻨﻴﺎﺀ
Walaupun nun mati bertemu dengan huruf idgham, tetapi dalam satu kata, maka harus dibaca idzhar.
Ikhfa ( ﺇ ﺧﻑﺎﺀٌََََِِ
Ikhfa artinya samar-samar. (seperti bunyi ng dalam bahasa Indonesia).
Hurufnya ada 15, yaitu :
ك ق ف ظ ط ض ص ش س ز ذ د ج ث ت
Ikhfa adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu hurufnya, maka dibacanya samar-samar.
Ikhfa terbagi menjadi 3, yaitu :
– Ikhfa Ab’ad (أبعد )
Ab’ad artinya : jauh (yaitu jauh dari bunyi nun mati atau tanwin, disebut juga dengan sangat samar).
Hurufnya ada 2, yaitu : ق ك
Contohnya :
إن کنتم , شئ ٍقدير
– Ikhfa Autsat (أوثت)
Autsat artinya : dekat (yaitu dekat dengan bunyi nun mati atau tanwin, samar saja)
Hurufnya ada 3, yaitu : ت د ط
Contohnya :
إن طلق , من دونى , کنتم
– Ikhfa Aqrobaa ((قربا)
Aqrobaa artinya : sedang (yaitu boleh sangat samar atau samar saja)
Hurufnya ada 10, yaitu :
ف ظ ض ص ش س ز ذ ج ث
Contohnya :
ﺍﻷﻨﺛﻰ , ﺻﻔﺎﺻﻔﺎ , ﻤﻦﺬﻠﻚ
Iqlab ( إ قلبٌ )
Iqlab artinya mengganti (mengganti huruf nun ke huruf mim).
Hurufnya ada 1, yaitu : ب
Iqlab adalah apabila huruf nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf Ba’, maka dibacanya balem.
Contohnya :
من بعد , ﺍﻷﻨﺒﻴﺂﺀ
b. Hukum Qolqolah ( ﻘﻠﻘﻠﺔ )Qolqolah artinya : kerongkongan (huruf hijaiyyah yang mati, diceklokkan).
Hurufnya ada 5, yaitu : ق ط د ج ب
Qolqolah dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Qolqolah Sughra ( سغرى )
Sughra artinya : ringan (kecil).
Qolqolah Sughra adalah apabila ada salah satu huruf qolqolah mati karena sukun, maka dibacanya diceklokkan.
Contohnya :
لقدْ , حبْل , طلق , أطْعمهم , أجْر
2. Qolqolah Kubra ( قبرﻯ )
Kubra artinya : dahsyat (besar).
Qolqolah Kubra adalah apabila ada salah satu huruf qolqolah mati di akhir kalimat (karena waqof), maka dibacanya diceklokkan.
Contohnya :
ماخلقَ , من مسد
c. Hukum Mim Mati ( مْ )
Hukum mim mati dibagi menjadadi 3, yaitu :
Idgham Mimi ( ميمى )
Mutajanisain artinya : yang sejenis
Hurufnya ada 1, yaitu : م
Idgham Mimi adalah apabila ada mim mati bertemu dengan mim hidup, maka dibacanya harusberdengung.
Contohnya :
عليهم مؤسدة
Ikhfa Safawi (ﺷﻓﻮﻯ ﺇ ﺧﻑﺎﺀ )
Hurufnya ada 1, yaitu : ب
Ikhfa Safawi adalah apabila ada mim mati bertemu dengan huruf ba’ hidup, maka dibacanya harusberdengung.
Contohnya :
ترميهم بحخارة
Idzhar Safawi (ﺷﻓﻮﻯ إ ذﻫا ٌر )
Hurufnya yaitu semua huruf hijaiyyah kecuali mim dan ba’.
Idzhar Safawi adalah apabila ada huruf mim mati bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah selain mim dan ba’, maka dibacanya tidak berdengung.
Contohnya :
هم فيها , ألم تر
Dan lain sebagainya……
d. Hukum Mad ( مَدٌ )
Mad artinya : memanjangkan bacaan, dengan menggunakan harakat.
Rumusnya :
1 alif = 2 harkat, 2 alif = 4 harkat, 2 ½ = 5 harkat, 3 alif = 6 harkat.
Harkat = bunyi ketukan.
Hukum Mad terbagi menjadi 2, yaitu :
Mad Ashli ( ﺃﺻﻠﻰ )
Ashli artinya : asal (asal muasal, asal mula kejadian)
Terbagi menjadi 1, yaitu :
– Mad Thobi’i ( ﻃﺒﻴﻌﻰ )
Hurufnya ada tiga, yaitu : وْ -ُ , يْ ِ- ,ا -َ
a. Alif mati sesudah fathah
b. Ya’ mati sesudah kasroh
c. Wau mati sesudah domah
Panjangnya : 1 alif = 2 harkat.
Cara bacanya dipanjangkan, satu alif atau dua harkat.
Contohnya : ﻨُوْﺤِﻴْﻬَﺎ
Mad Far’i ( ﻓﺮﻋﻰ )
Far’i artinya : bagian atau cabang
Terbagi menjadi beberapa yaitu :
– Mad Wajib Muttashil (ﻤﺗﺻلٌ واﺠبٌ )
Wajib artinya : harus, Muttashil artinya : dalam satu kata.
Mad Wajib Muttashil adalah apabila ada huruf mad bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kata, maka harus panjang 5 (lima) harkat.
Contohnya :
إذاجآء , سوء
– Mad Jaiz Munfashil ( ﺠاﺌﺯ ﻤﻨﻓﺻل )
Jiaz artinya : boleh, Munfashil artinya : di luar kata.
Mad Jaiz Munfashil adalah apabila ada huruf mad bertemu dengan huruf hamzah di lain (luar) kata, maka dibaca panjangnya boleh 2, 4 atau 6 harkat.
Contohnya :
مآ أنزل , يأيّها
– Mad Lain ( ﻠﻴﻥ )
Lain artinya : lemas.
Hurufnya ada 2, yaitu : وْ -َ , يْ ِ-َ
a. Ya’ mati setelah fathah
b. Wau mati setelah fathah
Cara bacanya dipanjangkan 2 harkat tapi lemas.
Jika di akhir kalimat, maka dibacanya boleh 2, 4 atau 6 harkat.
Contohnya :
عليهم , يوم
– Mad ‘Arid Lissukun ( ﻋاﺮﺾ ﻠﻠسّکوﻥ )
‘Arid artinya : barulah, Lissukun artinya : di matikan.
Mad ‘Arid Lissukun adalah apabila ada huruf mad bertemu dengan huruf hijaiyyah hidup pada akhir kalimat, maka cara bacanya dipanjangkan terlebih dahulu baru dimatikan.
Contohnya :
نستعين , عزيزحکيم
– Mad ‘Iwad ( عوادٌ )
‘Iwad artinya : membuang tanwin.
Mad ‘Iwad adalah apabila ada fathah tain ( -ً ) bertemu dengan huruf alif atau ya’ mati di akhir kalimat, maka cara bacanya dipanjangkan 2 harkat.
Contohnya :
عليماحکيما, ﺛﻼﺛﺎ ﺛﻼ ﺛﺎ
– Mad Badal ( بدلٌ )
Badal artinya : berdiri sendiri (sebagai pengganti huruf alif mati).
Mad Badal adalah apabila ada huruf hamzah ( أ ) bertemu huruf alif mati setelah fathah atau ya’ mati setelah kasroh, maka dibacanya panjang 2 harkat.
Contohnya :
أمنو , إيمان
– Mad Shilah Thowwilah ( ﺻﻠﺔ ﻄﻮﻴﻠﺔ )
Mad Shilah Thowwilah adalah apabila ada huruf ha marbithoh ( ﻩ / ﻪ ) bertanda mad dan bertemu huruf hamzah, maka dibacanya boleh panjang 2, 4 atau 6 harkat.
Contohnya :
له مغفرة , به
Apabila berada di akhir kalimat, maka harus sukun (mati).
Contoh :
غيرلّه ۚ
– Mad Shilah Qoshirah ( ﺻﻠﺔ قصيرﺓ )
Mad Shilah Thowwilah adalah apabila ada huruf ha marbithoh (ﻩ / ﻪ ) bertanda mad, maka dibacanyapanjang 2 harkat.
Contohnya :
وله أجر
Apabila berada di akhir kalimat, maka harus sukun (mati).
Contoh : (sama seperti Mad Shilah Thowilah)
– Mad Lazim Kilmi Musaqol ( ﻻﺯﻢِمثقل ٌکلم )
Mad Lazim Kilmi Musaqol adalah apabila ada huruf mad bertanda ( ﺁ ) bertemu dengan huruf hijaiyyah bersiddah, maka dibacanya panjang 6 harkat.
Contohnya :
ﻮﻻﺍﻠﺿﺂ لّين
– Mad Lazim Kilmi Mushbah (ﻻﺯﻢ کلم مخفف)
Mad Lazim Kilmi Mushbah adalah apabila ada huruf mad bertanda ( ﺁ ) bertemu dengan huruf hijaiyyah disukun, maka dibacanya panjang 6 harkat.
Contohnya :
ﺁﻠﺌن
– Mad Lazim Harfi Mushbah (ﻻﺯمْﺤﺮﻒِﻣشبعٌ )
Mad Lazim Harfi Mushbah adalah apabila ada huruf hijaiyyah bertanda mad di awal surah dengan bunyi harkat, maka panjangnya 2 harkat.
Contohnya :
ﻃﻪ , ﻴﺲ
– Mad Lazim Harfi Musaqol (ﻻﺯمْﺤﺮﻒِمسقل )
Mad Lazim Harfi Mushbah adalah apabila ada huruf hijaiyyah bertanda mad di awal surah dengan bunyi hurufnya penuh, maka panjangnya 6 harkat.
Contohnya :
ن , ق , المٌ , کهيعص
– Mad Tamkin ( ﺘﻣکﻴﻥ )
Mad Tamyin adalah apabila ya mati ( يْ ) setelah ya kasrah ( يِِ ), maka dibacanya panjang 2 harkat.
Contohnya : يحييکم
– Mad Farq ( فرق )
Mad Farq adalah apabila ada tanda mad pada huruf alif (ﺁ ) bertemu dengan lafadz Jalalaih, maka dibacanya panjang 6 harkat.
Contohnya :
آﷲ
e. Hukum Lafadz Jalalaih ( اﷲ )
Terbagi menjadi 2, yaitu :
Tafkhim ( تفخم )
Tafkhim artinya : tebal.
Tafkhim adalah apabila ada lafadz Jalalih sebelum tanda fathah dan atau tanda domah, maka dibacanya harus tebal.
Contohnya :
رسول اﷲ , سقف اﷲ
Tarqiq ( ترقيق )
Tarqiq artinya : tipis.
Tarqiq adalah apabila ada lafadz Jalalih sebelum tanda kasrah, maka dibacanya tipis.
Contohnya :
في سبيل ﷲ
f. Hukum Alif Lam ( ال )
Terbagi menjadi 2, yaitu :
Alif Lam Qomariyyah ( القمرﻴﺔ )
Al-Qomriyyah artinya : Bulan.
Hurufnya :
أ ب ج ح خ ذ ز ع غ ف ق ك م و ي
Alif Lam Qomariyyah adalah apabila ada alif lam bertemu dengan salah satu hurufnya, maka dibacanya jelas.
Diibratkan apabila kita melihat bulan di malam hari, maka akan terlihat jelas.
Contohnya :
من المؤمنين , مع القاعدين
Alif Lam Syamsiyyah ( اﻠﺸﻣﺴﻴﺔ )
Asy-Syamsiyyah artinya : Matahari.
Hurufnya :
ت ث د ر س ش ص ض ط ظ ل ن
Alif Lam Syamsiyyah adalah apabila ada alif lam bertemu dengan salah satu hurufnya, maka alif lam nya tidak terbaca.
Diibratkan apabila kita melihat matahari di siang hari, maka tidak akan terlihat jelas.
Contohnya :
من الدّنيا , والشّمس
g. Hukum Gunnah Masydidah ( ﻏﻨﺔ ﻤﺸﺪﺩﻩ )
Gunnah Masydidah artinya : ditahan lama karena tasydid.
Hurufnya ada 2, yaitu : مّ , نّ
Apabila terdapat nun siddah dan atau mim siddah sebelum huruf hijaiyyah berharkat, maka dibacanyabergunnah (ditahan sepanjang 3 harkat).
Contohnya :
ثمّ , إنّ
h. Hukum Idgham ( إدغامٌ )
Terbagi menjadi 3, yaitu :
1. Idgham Muttamatsilain ( ﻤﺘﻤﺎﺛﻠﻴﻦ )
Muttamasilain artinya : yang sama.
Idgham Muttamatsilain adalah apabila ada huruf hiajiyyah bertemu dengan huruf hiajiyyah yang sama, maka dimasukkan hurufnya yang di depan.
Contohnya :
إذهب بكتابى , وقد دخلوا , إذ ذهب
2. Idgham Muttajanisain ( ﻤﺘﺠﺎﻨﺴﻴﻦ )
Muttajanisain artinya : yang sejenis.
Idgham Muttajanisain adalah apabila ada huruf hiajiyyah bertemu dengan huruf hiajiyyah yang sejenis, maka dimasukkan hurufnya yang di depan.
Contohnya :
أرد تم , ودت طاﺋفة , ﺇذ ظلموا
3. Idgham Muttaqoribain ( ﻤﺘﻘﺎﺮﺒﻴﻦ )
Muttaqoribain artinya : yang mendekati (bacaannya).
Idgham Muttaqoribain adalah apabila ada huruf hiajiyyah bertemu dengan huruf hiajiyyah yang mendekati bacaannya, maka dimasukkan hurufnya yang di depan.
Contohnya :
إركب معنا , يلهث ذلك , نحلقكم
i. Hukum Ra’ ( ر )
Terbagi menjadi 2, yaitu :
Mufakham ( مفخّم )
Mufakham artinya yang ditebalkan.
Bagiannya adalah :
– ربنا
– گفروا
– أرسل
– قرآن
– طيرا
– خير
Muraqqaq ( مرقّق )
Muraqqaq artinya : yang ditipiskan.
Bagiannya adalah :
– واقربب
– فرعون
– خسر
إعلمو
Dalam Kitab suci Al-Qur’an, ada beberapa tanda baca juga yang harus diperhatika, diantaranya :
Hukum Nun Washal ( نِ )
Washal artinya : penghubung.
Apabila ada tanwin bertemu dengan huruf yang disukunkan, maka tanwin tersebut dibaca harkat dan diakhiri nun washal.
Contohnya :
ن
ن
خير الوصيّة , جزاء الحسنى
ن
ن
عاداالأولى , لهوا انفضّوا
Shafar ( صفر )
terbagi menjadi 2, yaitu :
– Shafar Mustadir ( صفر مستدر )
Shafar Mustadir adalah apabila ada huruf mad yang tidak dibaca panjang bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kata.
Contohnya :
لايايئس \ لاتايئس , لشايء , وملا ئه
– Shafar Mustathir ( صفر مستطيل )
Shafar Mustadir adalah apabila ada huruf mad yang tidak dibaca panjang, dan berada di akhir kata.
Contohnya :
انا , لكنّا , قواريرا , الظنو نا , سلا سلا
س
ص
– Harus dibaca Sin
Apabila huruf shad bertanda domah atau bertanda sukun.
س
س
Contohnya : ويبصط , بصطة
– Harus dibaca Shad
Apabila huruf shad bertanda fathah bertemu dengan ya mati.
س
Contohnya : بمصيطر
– Boleh dibaca Sin atau Shad
Apabila huruf shad bertanda fathah bertemu dengan ya mati dalam satu kata sifat.
س
Contohnya : المصيطرون
Pelajaran Waqof
باب الوقف
(BAB WAQOF)
I. Pengertian
Waqof artinya : tempat pemberhentian.
Waqof adalah tempat berhentinya bacaan Al-Qur’an yang berada di tengah ayat maupun di akhir ayat. Biasanya digunakan untuk mengatur pernafasan si Qira’at (pembaca), dapat pula digunakan untuk menyambung bacaan dari ayat yang satu ke ayat yang lainnya (menyambung kalimat yang dipenggal oleh ayat). Biasanya berpengaruh pula terhadap tafsir dari suatu ayat tersebut.
II. Macam-macam Waqof
a. Waqof Lazim ( لازم )
Lazim artinya suatu yang dilarang.
Waqof Al-Mamnu’ adalah apabila terdapat tanda waqof لا di tengah atau di akhir ayat, maka dilarang untuk berhenti walaupun hanya sejenak.
Contoh :
انّ الذ ين ءامنو والذ ين هاجروا وجاهدوا في سبيل اللهۙ اولئك يرجون رحمت الله ………
(Q.S. Al-Baqaroh : 218)
b. Waqof Al-Mamnu’ )( الممنوع
Al-Mamnu’ artinya biasanya, seharusnya.
Waqof lazim adalah apabila terdapat tanda م di tengah atau di akhir ayat, maka wajib berhenti.
Contoh :
زيّن للّذ ين كفروا الحيوة الد نيا ويسخرون من الذ ين ءامنوا ۢ………
(Q.S. Al-Baqoroh : 212)
c. Waqof Jaiz جائز
Jaiz artinya boleh.
Waqof Jaiz adalah apabila terdapat tanda waqof ج di tengah ayat, maka boleh berhenti atau dilanjutkan.
Contoh :
قد فرض الله لكم تحلّة أيمنكمۚ ………..
(Q.S. At-Tahriim : 2)
d. Waqof Shola صلى
Adapun yang dimaksud dengan waqof shola adalah apabila terdapat tanda صلى di tengah ayat maka lebih baik dilanjutkan bacaannya.
Contoh :
يعلمون ظا هرا من الحيوة الد نيا ۖ وهم عن الاخرة هم غافلون.
(Q.S. Ar-Ruum : 7)
e. Waqof Qola قلى
Adapun yang dimaksud dengan waqof shola adalah apabila terdapat tanda قلى di tengah ayat maka lebih baik berhenti daripada dilanjutkan. bacaannya.
Contoh :
وكذ لك نجزي من أسرف ولم يؤمن با يا ت ربه ۗ………..
(Q.S. Thaha :127)
f. Waqof Saktah سكته
Saktah artinya berhenti sejenak.
Waqof Saktah adalah apabila terdapat tanda سكته atau س di tengah atau di akhir ayat, maka haruslah berhenti dengan tidak bernafas lalu melanjutkan kepada kalimat atau ayat berikutnya.
Contoh :
قالواياولنامن بعشنامن مرقد نا سكتههذا…
(Q.S. Yasin : 59)
g. Waqof Ta’anaq تعانق الوقف
Ta’anaq artinya kembar.
Waqof ta’anaq adalah apabila terdapat tanda titik tiga (:.) dalam satu ayat, maka diperbolehkan untuk berhenti pada salah satu ta’anaqoh tersebut. Biasanya titik tiga tersebut ada dua di dalam satu ayat.
Contoh :
.
. .
.
. .
ذالك الكتاب لا ريب فيه …………
(Q.S. Al-Baqoroh : 2)